No More, No More Dramaa..

Haha.. Pasti pada keinget sama lagunya Mary J. Blige.. 'No more drama'.. 
No no no.. Tapi, bukan tentang lagu itu yang saya mau bahas.. Saya mau membahas tentang dunia per-drama-an.. Ooo yeee aaaa.. Jadi, mai kita ganti liriknya jadi, "Yes more, yes more dramaaaa" hahaha.. (created by Astrid)

Okay, saya mulai pembahasannya..
Yang mau saya bahas di sini bukan 'Drama' live, kaya drama teater atau kabuki (dr jepang) atau soap opera.. Tapi drama yang disiarkan melalui televisi.. hohoho.. Kalau versi orang2 Amerika Latin, biasa disebut telenovela.. "Jose Fernandoooooo Altamiranoooo....." "Marimaaaaaarrrr...." "Rosalinda Ayamooorr..." "Paulaaaaa...." "Paulinaaaa...." "Douglaaaasss......" "Maria Beleeeeennn...." Yah, semacam itu, lah.. haha.. Sudah ingat, donk kalian2 ini..?? fufufu..
Kalau versi barat, ya disebut drama tv series (desperate housewive, sex and the city, lipstic jungle, etc.)
Klo di Indonesia, biasa dipanggil 'sinetron' (singkatan dari sinema elektronik).. Btw, bukan yg satuan kaya FTV, yah.. hoho.. Itu beda lagi, bukan sinetron istilahnya.. :) :) :) Nah, tapi org2 sering salah kaprah 'sinetron' itu identik sesuatu yg tabu untuk dilihat.. ngga juga.. asal katanya aja sinema elektronik.. ya semua film2 di televisi indonesia.. si film korea itu juga mestinya istilahnya 'sinetron'.. gimance, deh.. makanya, mulai sekarang ubah pandangan negatif kalian akan pengertian 'sinetron' (khususnya bagi kalian yang menjelek2an sinetron)

Btw, banyak, yah jenis2nya.. Tapi, di blog ini saya ngga akan membahas televisi drama dari barat tersebut, karena saya jarang menonton tv series barat2 itu dan telenovela2 itu.. Ilmu saya terlalu dangkal untuk membahasnya.. :) Tapi, yang bisa saya ambil kesimpulan dr western tv series itu (bukan telenovela), mereka sering sekali memakai sistem season2an.. Saya kurang begitu paham, berapa lama 1 season itu bisa berakhir.. Kalau ada yang mau menyumbang informasi, silahkan, tinggalkan saja di kolom comment saya.. :) itu akan sangat membantu saya.. :) :) :) :* :* :*

Wohoooo.. Yang akan saya bahas lebih mendalam adalah drama2 yang diproduksi oleh negara2 asia.. Yang pasti, terutama akan fokus pada negara2 asia yang mempunyai ciri khas tersendiri akan drama2 yang diproduksinya.. Nah, FYI, negara2 dominan yang dianggap mempunyai ciri khas tersendiri dalam dunia per-drama-annya, terpusat pada 6 negara utama seperti Chinese Drama (contohnya, seperti Yoko si pendekar rajawali, Hakim Bau, Pai Su Cen alias si Ular putih, dkk. Yah, film2 mandarin itu, lah yg di mangdu2), Korean Drama (yah, siapa sih yg ngga tau film2 korea? haha.. bukan orang Indonesia gitu lho, klo ngga tau.. haha.. Contohnya, Boys Before Flower, You're Beautiful, Coffee Prince, Goong, etc.), Taiwan Drama (Oh maaannn... F4, noh.. ngga lupa, kaaannn?? METEOR GARDEENN..!! "Ce Pao Ce Chi Huai A Shang Niiii..." haha.. ngarang gw.. ngga bisa nulis mandarin yg bener..), Japanese Drama alias Dorama (BUANYAAAKKK...!!! Kalian mau tanya apaan? sini gw jabanin.. hahahaha... lmao..), Singaporean Drama dan Hong Kong Drama.. Aduh, untuk kategori drama yg dua terakhir ini, saya bener2 ngga tau.. haha.. alias ngga pernah nonton.. JUJUR, saya ngga pernah nontonin.. Klo movie/film bioskop satuan, mungkin pernah, kali yah--> ngga terlalu inget.. :P) Yah, jadi saya hanya akan fokus ke 4 drama itu aja.. Lalu akan saya kaitkan dengan dunia drama di Indonesia.. :) :) :)

Untuk Chinese Drama ini, saya tidak bisa berkomentar terlalu banyak, karena pengetahuan saya hanyalah sebatas masa kecil.. haha.. jaman2nya film 'Return of The Condor Heroes' ma 'kera sakti'.. Jadi, saya kurang mengikuti perkembangannya di tahun 2010 ini.. Yang saya ingat, tema yang biasa diangkat oleh Chinese Drama ini merupakan film2 bertajuk fantasi2.. Seperti siluman2an, dewi2nya, dll.. Maklum, karena dipengaruhi oleh agama dan budaya Buddha mereka (lengkap dengan tata caranya tersendiri).. Tapi, seingat saya (fyi, bokap gw yg sering nontonin dvd film2 mandarin.. Jadi, klo kalian nanya bokap gw, mungkin beliau tau jelas, kali yah.. hahaha) hingga saat ini pun, (sepertinya) temanya mayoritas mengambil cerita legenda, peperangan, kaisar2an, perebutan harta kekuasaan, dsb.. Hem.. Kalau untuk jumlah episode, sepertinya panjang2.. dari mulai puluhan, hingga ratusan episode (mirip dengan sinetron2 indonesia yang kadang terlalu banyak ajubile jumlah episode2nya) So pasti, pake bumbu2 silat, donk.. hahahahaha.. BTW, saya jadi ingat, waktu kecil ada trend untuk memakai baju2 cina dan berdandan seperti bibi lung, lalu difoto.. hahaha.. dulu gw mupeng banget pengen minta difoto, lhooo... Aduh, ilang ke mana, yah fotonya.. fufufu... lucu banget, deh.. pake pedang2 ma kipas2 gitu.. hihihi... hayo ngakuuuuu.... ada yg kaya gw apa ngga? hahahahaha..





Okay, berikutnya drama Taiwan drama.. Wiiiihh.. siapa sih yang ngga inget sancai sama Tau Mingse..?? hahahaha.. YUP..!! Meteor Garden.. Tapi, sebenernya itu cuma segelintir film2 Taiwan yang terkenal (di Indonesia).. Masih banyak lainnya.. hohoho.. Mirip2 film Mandarin (dalam segi panjangnya episode).. haha.. intinya ya kaya indonesia2 gitu.. panjang banget, dah jumlah episodenya.. Tapi, bedanya, biasa mereka memasukkan unsur romantis2an.. Nah, mereka juga biasanya memasukkan unsur 'kekeluargaan' yang kental, lalu permasalahan 'keuangan'.. Menggambarkan kondisi perekonomian mereka.. Hem.. Yang saya agak kecewa dari film2 taiwan ini, banyak film2 laris mereka yang mengambil dari komik2 jepang.. (Meteor Garden mengambil dari komik Hana Yori Dango, Hanazakari no Kimitachie, Poor prince dari komik Yamada Taro Monogatari, etc.. MASIH BANYAK) Nah, yg saya ngga terima, mereka membuatnya dalam versi menye2 (alias dipanjang2in dan terlalu digarap unsur romantisnya).. Hem.. Lalu mereka memproduksinya, SEBELUM drama asli di Jepang itu sendiri ditayangkan.. Sebenarnya ini tidak menjadi masalah, sih.. Tapi saya kesal dengan Meteor Garden 2.. Mereka membuat endingnya kurang kerasa dan menye2 lupa ingatan ngga penting (fyi, bahkan film itu dibuat sebelum komiknya tamat.. dan menurut saya, itu kurang sopan.. Di komiknya sendiri, Doumyoji Tsukasa/Tau Ming Se itu hanya hilang ingatan sebentar saja.. Tapi di meteor Garden 2, itu dibuat terasa lawos--> dari awal sampai akhir) GRRRR...!!! GEMAS..!! itu satu kata yang paling pas untuk menggambarkan perasaan saya.. haha.. Yup.. alurnya jadi berasa lama dan penonton mulai jenuh.. Tapi, film itu terkenal karena 'target market'nya pas.. OKAY, sekali lagi.. 'TARGET MERKET'nya PAS.. ibu2 plus keluarga.. haha.. (saya juga termasuk yg 'kena efek'. Saya suka sekali meteor garden 1.. tapi, ngga banget untuk meteor garden 2 yg ceritanya rada2 lawosh.. haha) Okay. saya berpindah topik saja, sebelum mulai mencak2 lagi di paragraf ini.. haha.. oh iya, monggo.. ini fotonyaa..
Ce pa wo ce chi huai ai shang niiiii.. pu ke ren.. (bahasa yg dikarang2.. haha.. maap2)

Next.. Japanese Drama alias Dorama (istilah ngetrennya)..
Oh yeeeee AAAAA...!! I really LOVE THIS JAPANESE DRAMAAAAAAAA....!!!!! swihiiiiiii....
Beneran, deh... hahaha.. Tau ngga kenapa? Karena mereka selalu menyuguhkan dorama2 yang unik2, pendek2, dan alurnya cepat.. Jadi, saya selalu tidak pernah bosan menontonnya.. hahahaha.. Saya paling ahli untuk mereview per-DORAMA-an ini.. hahahaha..

Yup.. Do you want to know the reasons?
Jadi, klo di Jepang itu, mereka mempunyai sistem tersendiri dalam penayangan doramanya.. Dalam setahun, mereka membagi waktu penayangan dorama menjadi 4 cycle penayangan.. [Winter (January–March), Spring (April–June), Summer (July–September), and Autumn or Fall (October–December)]. Wohooooooo.. Yup,,, ini beneran.. Jadi, kalau kalian cari2 dorama, pasti jumlah episodenya hanya sekitar 9-12 episode.. karena waktu tayangnya yg berdasarkan musim.. Tapi, dalam kasus tertentu (hanya sedikit jumlahnya), mereka membuat season ke2nya juga.. bahkan ke3 hingga ke4.. haha.. ini normalnya untuk film2 history jepang.. Untuk jam tayang, mereka tidak pernah bentrok, karena sudah diatur pihak broadcasting jepang itu sendiri.. wohooo.. nice banget, kan? Jadi, ngga bakal ada drama yg bentrok waktunya (klo pun ada, hanya kasus2 tertentu) dan waktunya seminggu sekali.. (kalau taiwan dan chinese, mereka bisa perharian.. mirip2 sinetron indonesia).. Nah, jadi, dalam satu musim, akan ada puluhan dorama (30-40).. Jam tayangnya, biasa diatas jam 8 malam (teratur sekali, yah di Jepang) hoho.. Jadi, sistem ratingnya ngga rebutan.. Bayangkan.. Itu cuma satu musim.. kalau dikalikan 4 musim dalam setahun, akan ada sekitar 130 jenis dorama.. Yup.. Makanya, mereka sangat dituntut untuk menjadi kreatif untuk menciptakan cerita2 dorama yang beragam (yeeeyyy.... gokil.. gw nontonnya ngga bosen2.. hihihi...) Untuk waktu tayang.. MEREKA SELALU TEPAT WAKTU.. serius.. hem2.. gw sampai kaget waktu dulu pernah liat siaran tv mereka di tv hotel.. klo film jam 8, ya mulainya 8.00 pas.. (ngga kaya indonesia, telat mulu.. bapuk) Untuk iklan, dalam 1 jam itu, hanya akan ada 2x iklan (awal, tengah) benar2 se-struktur itu.. Jadi, ngga ada istilah 'klo filmnya makin laku, iklannya makin lama'.. hzzttt.. tipikal film indonesiam kan itu..? Awal2 iklannya bentar.. lama2, klo makin laku, bisa iklan sampe 8 menit sendiri.. ngga konsisten.. cuma ngejer duit iklan dari sponsor.. Makanya, seneng ngeliatnya.. hoho..

Nodame Cantabile

Hanazakari No Kimitachi E (Ikemen Paradise)


Haha.. Terakhir.. Korean Drama.. Hem.. Klo menurut saya sih, dia cukup menengahi antara Japanese Drama dan Taiwan Drama.. Pertama, aktor2 dan aktris2nya yang termasuk 'ganteng dan cantik' (bisa saya bilang, sesuai dengan selera2 mayoritas masyarakat indonesia, deh.. mukanya ngga terlalu chinese2 banget, tapi ngga terlalu jepang2 banget.. haha).. Kebanyakan, episodenya berkisar antara 10-40 episode.. Okay, I'm not really expert in this topic (Actually, Bimbi or else is the expert one for this topic.. haha.. If I'm wrong, please give me some comments to fix it.. haha.. takut salah nge-review) Hem ceritanya cukup beragam juga, sih.. kalau untuk waktu tayang di korea itu sendiri, saya kurang begitu paham.. Tapi, dari segi variasi, mereka berhasil menarik target market usia remaja untuk menonton film2 korea ini.. Buktinya, mereka bisa laku di indonesia.. Jam tayangnya dirasa pas.. tidak terlalu lama, tapi tidak terlalu menye2 juga.. haha.. Jelas, banyak pemain2nya yang lumayan bisa dilirik satu persatu.. :P :P :P

Yang saya suka, mereka berhasil mengemas film hana yori dango/boys over flower (versi asli jepang) dan meteor garden (adaptasi taiwan) menjadi sebuah film bernama 'Boys Before Flower'.. Awalnya saya menonton film ini hanya untuk membandingkan saja dan berpikir akan cepat bosan menontonnya.. Tapi, mereka terbukti 'lumayan' mengemasnya dan membuat orang2 jatuh hati pada film ini.. apalagi dengan tokoh2 F4-nya.. (yak, res res.. Lee Min Ho, nih res.. reeeess... reeess.. hahahaha) Hahaha.. Yak, mereka berhasil menampilkannya menarik.. haha.. gw nonton sampe abis gr2 tokoh utamanya ganteng2.. (walau dari segi pendalaman karakter tokoh utama perempuan, si geum jan di alias sancai/Makino Tsukushi di versi korea ini benar2 menyebalkan.. seriously.. terkesan menye2, cewe gampangan gitu.. haha.. opini gw doank, sih ini.. tapi bener2 kebanting.. dari image tsukushi/sancai yang tangguh klo ini terkesan gampangn banget.. apalagi pas dideketin Ji Hoo/Hanazawa Rui/hua ce lei.. Seriously, she's like a sl*t.. hahaha.. :P nerima2 aja dideketin gitu.. kan mestinya dia nolak klo di versi jepang dan taiwan.. haiz, dah pokoknya.. sampe gemesss....)
Hahahaha.. Yah, intinya, mimik muka para pemain korea (juga jepang) ini sangat ekspresif sekali.. sehingga menarik perhatian peminat2nya.. bisa monyong2/ ngga takut tampil muka jelek, lah.. haha.. jadi seru (contohnya, aktor Jang Geun Suk).. apalagi aktris2 yang perempuan.. Jadi menarik perhatian penontonnya, saking 'lebay'nya.. Ah, recommended film, nih.. You're beautiful.. LUCU BANGEEEETTT...!!! hahahaha...
Boys Before Flower
You're Beautiful
Goong

ini website yg membahas khusus perbedaan antara HYD, meteor garden, dan BBF.. http://kjtdramasblogged.blogspot.com/2009/04/magic-of-meteor-garden-hana-yori-dango.html hanya untuk perbandingan, jika ada yang tertarik mau membacanya (Klo saya pribadi lebih suka versi jepang.. haha.. singkat, jelas padat.. ceritanya lebih sweet juga.. fufufu.. yg pasti, asli dari terbitan komik Jepang itu sendiri.. So pasti, dapet arahan dari sang pembuat komik.. hihi.. dan yg pasti, ada MATSUMOTO JUUUUUUUUNNNN....!!! You really need to watch HYD2.. SWEEET..!! Endingnya, dia dilamar.. dan itu 'THE BEST PROPOSAL THAT I EVER SEEN IN THIS WORLD')


Okaaaayyyyyy... itu diaaaaaa.... hohohohoho... Sebenernya tergantung masing2 orang, kok.. Klo gw lebih suka dorama yg singkat, bokap gw lebih suka film chinese drama, banyak org2 ind lebih suka korean drama, ibu2 lebih suka taiwan drama, dll.. hahaha.. masing2 ada kelebihan dan kekurangannya, kok.. :) :) :) Tapi, semua jenis itu masih eksis sampai hari ini.. Jadi, yang manapun juga oke-oke aja, kok.. hahaha... Satu saran saya: jangan skeptis menerima film2 lainnya.. Contoh: ngga mau nonton film chinese, karena udah ngefans film2 korea/ jepang/indonesia.. haha.. Coba aja ditontonin 1-1.. lumayan, kok.. hihi.. (akhir2 ini, saya juga lagi mulai belajar menerima film2 korea.. haha) Oh iya, satu lagi.. semoga Indonesia semakin maju dunia per-sinetron-annya dan ngga hanya niru film luar.. hoho.. kurangin juga iklan2 ngga penting.. -____-"


Hahaha... sekian terima kasih.. Kalau mau nonton2 film2 bisa buka mysoju.com.. itu website khusus penyedia film2 korea, jepang, taiwan.. Lumayan bagi kalian2 yang hanya suka streaming2/buffering2.. Kalau suka mendownload, ada di silentregrets.com (download memakai MU) atau di www.d-addicts.com tapi khusus mendownload memakai torrent.. (kalau ada yang berminat mengenai penjelasan 'torrent' secara intermediate/advance (cheat2 u/ private torrent), monggo.. saya cukup mengerti lumayan banyak dibidang per-torrent-an ini dan segala subtitle2an.. :) :) Maaf, tapi kalau bertanya apa itu torrent, silahkan bertanya saja pada om wiki/kang google)

3 comments:

RIMITED said...

waw. pengetahuan saya tentang dunia perfilman negeri2 sipit bertambah! makasi acitos. anda memang ahli kalo masalah yang gini2. haha.

stuju gw sama usul kurangi iklan di sinetron indonesia.

btw, kalo sistem season di tv series amrik biasanya ada temanya gitu cid. misalnya serial HEROES. season 1 itu tema ceritanya adalah bagaimana new york dan dunia bisa diselamatkan dari ledakan nuklir besar. season 2 temanya tentang pemusnahan sebuah virus ato apa gitu. season 3 tentang mencegah bumi yang akan terbelah 2. gitu2 deh.. jadi tiap season biasanya punya temanya masing2.. gitu ;)
jadi instead of saying HEROES 2 atau HEROES 3, mereka pakenya HEROES season 2. gituuu.. :)
tapi itu kalo HEROES ya.. hmm, kyknya yg lain juga gitu sih..

Astrid Kartika said...

hoooo.. terima kasih bang edo, tambahan informasinya.. :):):)
hahaha.. iya, tv series amrik itu juga biasanya lebih 'hot' haha.. karena memang culturenya begitu..
Sedangkan untuk film2 drama asia, hanya sekedar berciuman dan kalaupun ada adegan 'panas', mereka 'mengakali' dengan mengganti frame filmnya ke scene lain.. hahaha.. soalnya, klo ngga, ngga mungkin lolos sensor pertelevisian di negara2 asia tersebut.. hahahahahaha..

Rin Toko.Com said...

Salam kenal Astrid n Edo jg,,

aq Rini
Aq penggemar film2 asia yg kamu tulis di atas,,cuma mau ngasih info nih klo kamu belum punya n pengen nonton lagi film2 silat n drama Taiwan yg gak lagi ditayangin di TV,,aq jual DVD-nya

1. PENDEKAR PEMANAH RAJAWALI ( Legend of The condor Heroes-1982)

Felix Wong, Barbara Yung, Micahel Miu
Sub Indonesia
4 Dvd ( Rp 60,000-)


2. KEMBALINYA PENDEKAR RAJAWALI (Return of The Condor Heroes-1983)

Andy Lau, Idy Chan
Sub Indonesia
12 DVD (Rp 180,000-)

khusu buat film silat liat selengkapnya di
http://aswarinisyahril.blogspot.com/2011/12/menjual-dvd-silat-best-seller-langkah.html

dan khusu buat drama seri Korea dan Taiwan liat selengkapnya di
http://aswarinisyahril.blogspot.com/2011/12/menjual-dvd-seri-korea-dan-taiwan.html

Meteor garden dll....aq jg ada koq..:)
Sekedar info aja, jadi klo berminat tinggal sms aja ke 081367571080 ato e-mail ke aswarini_syahril@yahoo.com
^_^

Post a Comment