Kuliah Zaman Now vs. Kuliah Zaman Old

Holaaaaaa....

Long time no seeee.. Buahahahaha.. Setelah vakum hampir 4 tahun dari post-an terakhir.. Yup, pastinya bakal ada sedikit  perubahan gaya menulis, gaya berbahasa, dan pastinya 'my random thoughts'.. :D :D Entah menjadi lebih complex atau lebih simple.. Mudah-mudahan sih cuma sedikit penyimpangan aja, yaaa.. Tapi kalau beda jauh pun ya mohon dimaafkan, namanya juga manusia biasa. :P :P Kalau kata dosen aing mah, ada 3 hal yang pasti tidak berubah, salah satunya perubahan itu sendiri. Kehkehkeh.

Dosen? Dosen yang mana lagi nih?
Yup Yup Yup, betchuull.. Dosen S2, nyaaakk.. Sekedar update aja, sekarang ini gw memang lagi lanjut kuliah lagi after more than 7 years not using this brain (for studying) anymore.. T.T T.T Seriously, guys. Kalau ada plan untuk lanjut S2, S3, S-teler whatever itu, mending langsung lanjut aja deh atau paling mentok max. 3 tahun dari sejak lulus gitu, lah. Soalnya butuh super duper extra effort banget (banyak amet yah kata sifatnya) buat ngejalaninnya. APALAGI, kalau ngejalaninnya sambil kerja. *huft*

Fiuh, seperti biasa, yah. Sebenernya awal mulanya apalagi kalau bukan karena keababilan gw mengejar mimpi sejak kecil buat ngambil pendidikan minimal S2 (mirip2 kaya cerita masuk perusahaan sekarang demi Arashi gitu, laahh). Sehabis lulus juga udah sempet ambil ielts preparation (di I*LF yang harganya menurut gw mayan mahal), nyari2 informasi beasiswa ke LN, dkk. Tapi ya memang belom kesampean2 aja sih, karena beberapa kendala pribadi (duitnya belum kekumpul, ribet ngumpulin dokumen2, sama masih butuh gaji, dkk). Naaahh, pas ada pengumuman program beasiswa kantor ini, langsung deh dicoba (mumpung didukung penuh sama si bos kecil juga). Puji Tuhan, lolos bersama 39 orang lainnya.

Seperti yang daku sebutkan di atas, kuliah sambil kerja ituuuu.. Sesuatu banget deh rasanya. Tapi, post-an kali ini bukan kearah curcol betapa beratnya kehidupan kuliah gw, sih (mungkin next time atau in other blog atau mungkin ngga sama sekali. tapi kalau penasaran bingits ya bisa japri aja). Di post-an kali ini, lebih mau nyeritain betapa bedanya kuliah zaman now versus kuliah zaman old. hehehe.. Yuk mari (panjang kali yah introductionnya. hehe.. bodo amet lah yaa)..

Berikut beberapa hal yang paling berubah:

1. Internet
Jadi, kalau pas zaman dulu itu yah. Kalau mau bikin tugas kelompok itu, mesti kudu banget ngumpul di satu tempat buat bagi2 tugas, terus ngedit bareng di 1 laptop/komputer, atau kalau udah agak canggih-an dikit, kita bagi2 tugas, terus bikin masing2, terus nanti kumpulin di satu orang (transfer file via usb atau email) buat di-compile jadi 1 dokumen. --> bahkan nyari internetnya aja mesti di kosan/tempat2 hangout yang nyediain wifi/internet gratisan (macem di kos-an gw/kampus/mcd simpang dago). Fyi, zaman dulu sebelum 2010 belom beredar smartphone, chuuyy.. Paling mentok bb atau hp2 cina yang bisa buat nonton tv (pake antena).. ;D ;D Hp kalau udah bisa screen touch aja tuh udah berasa keren banget, padahal mah belom ada 3g dan paling mentok cuma bisa sms/telpon/apps java seadanya. Ngga semudah itu buat dapetin internet dan tethering.

2. Office Suites ONLINE
Terus, zaman dulu itu belom ada tuh online word processor, online presentation program, atau online spreadsheet macem g**gle/m*crosoft yang bisa dikerjakan secara online dan pada saat bersamaan bisa di-edit sampe belasan, bahkan puluhan orang.. OMG, I really love this technology. T.T Bener2 membuat hidup jauh lebih mudah, karena bisa dikerjakan dari manapun, media apapun (laptop, komputer, tablet, bahkan smartphone) dan bisa kapanpun, selama ada internet pastinya. Ngga perlu 'maksa' setengah hidup ngumpulin orang-orang untuk kerja kelompok pada tempat dan waktu tertentu. Lalu, kalau tugasnya mesti sequence alurnya, ngga mesti tunggu2an yang satu kelar ngerjain (tapi sekarang juga kadang mesti nunggu2 sih, soalnya pada males ngerjain.. :P), terus mesti kirim filenya, lalala lilili. Sekarang tinggal liat aja di dokumen online itu updatenya udah sampai mana. Ngga perlu juga ada banyak duplikasi banyak file dengan nama sama.

3. Messaging Apps
Nah ini juga nih. Buset, zaman old mah pakenya sms/nelpon, chuuyy. Huhu.. Mana ada itu yang namanya whats*pp, l*ne, k*kao, dkk. Terus yang namanya anak kos ya gitu deh, pelit2 gimana gitu kalau mesti buang-buang pulsa. Buahahaha.. Jadi pastinya prefer untuk ngumpul aja, biar irit pulsa. Atau kalau canggih-an dikit, bisa online, terus kirim2an email atau pake yahoo messenger, windows live messenger, atau adium (masih ada semua ngga yah ini?). Sekarang udah enak banget tinggal bikin group di salah satu messaging apps, langsung koordinasi di situ.

4. Soft Copy - Text Book
Kalau zaman old, susah banget nyari soft copy buku pelajaran. Kadang bener2 mesti beli buku ori (nitip di perpustakaan) dan minjem buku dulu di perpus (kalau ngga kehabisan). Sekarang udah gampang banget nyari soft copy buku (relatif mudah). --> huhu.. Miip nyak, dari dulu sampe sekarang, kerjaannya ngebajaaaakkk muluuukk.. buahahahaha.. #anaktukangngebajak


Okay, kira2 itu yang paling signifikan berubah, sih. Walaupun sebenernya ada banyak lagi yang berubah, tapi itu yang bener2 paling high impact. Akhir-akhir ini, bahkan suka bingung sendiri, kok bisa yah gw menjalankan dan melewati kehidupan zaman old itu (tanpa teknologi2 disebutkan di atas pastinya). Hahaha.. But, I surviveeeddd... <3 <3 Kalau zaman now disuruh kuliah/kerja tanpa teknologi2 ini, udah pasti puyeng setengah hidup, sih. :D :D Kuliah sambil kerja sekarang aja udah bikin stress, bisa makin stress, ya kaaaann.

Okay, sekiaaaannnn...

0 comments:

Post a Comment